" AC MILAN Il Club Piu Titolato al Mondo - CAMPIONI D'ITALIA 2010-2011 | Ale Ale Ale Milan Ale, Forza Lotta Vincerai Non Ti Lasceremo Mai | Forza Milan, Milan Campione, Forza Milan il Milan ole. Forza Milan, vinci per noi, Forza Milan La Sud e Con Te. Ale Ale Ale Forza Milan Ale Ale | Ed i colori che noi portiamo, sono la gloria, sono la gloria, Ed i colori che noi portiamo, sono la gloria, dei Rossone', forza Milan ole', forza Milan ole', forza Milan ole' ole' ole', Milan ! Milan ! Milan ! | Siamo qui, che cantiam, con il cuore, Diavolo vinci, per noi"

Rabu, 21 Desember 2016

Ujian Teori SIM C Satpas Daan Mogot (Part 2)

Welcome back guys, menyambung cerita saya kemaren. Kali ini saya bakal cerita tentang ujian teori SIM C di SATPAS Daan Mogot Jakarta Barat. Oh iya bagi yang belum baca part sebelumnya, bisa langsung kesini aja.


Masih di hari yang sama (19 November 2016), setelah selesai mengurus administrasi pukul 8.55 saya langsung diarahkan ke lantai 2 untuk ikut ujian teori. Sampai di atas ternyata ada juga peserta yang sedang ngerjain soal di ruang terbuka lantai 1 (karena gedung sedang renovasi). Tak lama mengantri, kebetulan pintu sebelah saya dibuka untuk ujian teori. Saya langsung masuk ke dalam dan langsung mengambil inisiatif untuk duduk paling depan. Ruangannya cukup nyaman karena ber-AC. Tidak butuh waktu lama untuk membuat tempat duduk penuh, kurang dari 1 menit semua kursi telah terisi, bahkan banyak peserta yang tidak kebagian kursi dan akhirnya diminta keluar kembali oleh petugas. 

Petugas lalu memberikan pengarahan mengenai tata cara mengerjakan soal. Ada 30 soal, untuk lulus minimal menjawab 21 pertanyaan benar. Dan tiap kategori SIM memiliki 10 seri soal. Setiap seri memiliki soal yang berbeda-beda, bukan diacak urutannya tapi soalnya memang berbeda. Jawaban berupa pilihan ganda dengan 3 pilihan jawaban. Kebetulan saat itu saya mendapat seri soal C1. Pertanyaannya sih seputar rambu-rambu lalu lintas, cara berkendara, prioritas pada persimpangan, dan juga pasal undang-undang mengenai lalu lintas. Namun karena memang waktu itu saya tidak ada persiapan ujian teori, jadinya soal-soalnya kelihatan sulit hahaha. Waktu mengerjakan soal hanya 15 menit, jadi kalo dirata2 1 menit harus selesai 2 soal hihi lumayan cepet ya. 9.15 saya mulai kerjain soal, dan tepat 9.30 jawaban sudah dikumpulkan. Kesulitan yang paling saya rasain adalah ketika mengerjakan soal mengenai prioritas kendaraan di persimpangan. Saya benar2 blank mengenai soal tersebut karena tidak ada persiapan wkwk.

Selesai mengerjakan, semua peserta diarahkankan ke depan loket 5 untuk menunggu hasil ujian teori. Tahap ini merupakan yang paling bikin bete dan paling menguji kesabaran. Kenapa? karena waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui hasil ujian sangat lama, minimal 2 jam hasilnya baru keluar. Dan kita cuma duduk bengong aja selama itu (kalo daftarnya sendirian ya hihi). Kondisi ini sih untuk hari sabtu ya, saya kurang tau untuk hari lainnya. Pengumuman dilakukan dengan cara memanggil nama + alamat satu per satu. Hasil ujian akan ditulis di lembar yang diberikan saat teori tadi. 2 Jam lebih menunggu kira-kira pukul 11.40 hasil ujian saya pun keluar. Dan saat saya liat wkwkwkwkwwk ternyata jawaban saya cuma benar 20 dari 30 soal. Kurang 1 doang cuuuuuyyy untuk lulus hahaha nyesek abissss. Akhirnya saat itu saya pulang dengan tangan hampa, dan harus mengulang minimal 2 minggu ke depan.

Tepat 2 minggu kemudian, tanggal 3 desember 2016 saya balik lagi ke satpas daan mogot. Namun masih juga dengan persiapan yang kurang karena malamnya terlalu fokus jualin tiket indonesia vs vietnam haha. Jika mengulang, maka gak perlu urus administrasi pendaftaran lagi dan gak perlu bayar lagi, langsung aja antri untuk ujian teori. Kebetulan saat itu dapat gelombang pertama dan kebagian soal seri C0. Pukul 8.30 mulai ngerjain soal, 15 menit kemudian kumpul jawaban. Soal2 yang saya anggap sulit kemaren, yakni prioritas persimpangan, sekarang sudah gak terlalu menjadi masalah. Tapi di soal C0 ini ternyata ada 3 soal mengenai pasal undang-undang lalu lintas. Akhirnya saya jadi hopeless wkwkwk. Pukul 11.10 hasil ujian saya keluar, daaaaaan jeng jeng jeng... nilainya 18 HAHAHAHA, lebih parah dari ujian pertama. Saya tertunduk lesu dan pulang  lagi-lagi dengan tangan hampa.

2 minggu berlalu, 17 desember 2016 saya balik lagi ke satpas dengan bekal belajar soal-soal ujian dari internet. Jalan kesana pukul 10.15 karena bangunnya agak kesiangan. Jam 11.45 baru dapet giliran ujian teori, dan ini udah gelombang ujian teori terakhir loh untuk hari itu! Ternyata saya dapet soal C0 sama seperti yang didapat 2 minggu lalu. Berbekal form jawaban sebelumnya, saya jadi tau jawaban salah saya di soal nomor berapa. Saya mengerjakan soal tanpa kesulitan berarti karena masih ingat betul jawaban 2 minggu yang lalu. Hasil ujian saya baru keluar jam 3 sore. Dan hasilnyaaaaaaaaaaaaaaaaaaa 21 jawaban benar hahaha. WTF padahal udah yakin banget nilai mendekati 30, atau seenggaknya dapet 25 lah, gatau kenapa bisa dapet nilai 21 sesuai batas minimum *curious*. Tapi gapapa, disyukuri aja udah bisa lulus tahap ini hehe!

Cerita mengenai ujian prakteknya akan saya posting di part berikutnya ya. Dan bagi yang penasaran pengen tau contoh soalnya kayak gimana, nih soalnya yang saya masih inget :

1. Apa arti rambu berikut?Jawaban: Rambu perlitasan kereta berpintu.
2. Apa arti rambu berikut?  Jawaban: Persimpangan bundaran dengan prioritas. Hati2 ada pilihan jawaban 'bundaran' aja.
3. Apa arti rambu berikut?  Jawaban: Rambu jalan tol
4. Apa arti rambu berikut? Jawaban: Batas akhir kecepatan maksimum 40 km/h. 
5. Apa arti rambu berikut? Jawaban: Batas minimum kecepatan yang diwajibkan 30 km/h.

6. Jika anda di sebuah kendaraan akan berbelok ke kanan bagaimana anda mendahului kendaraan tersebut?
- 3/12/16 saya jawab 'tetap dari kanan karena sesuai aturan' tapi ternyata jawaban saya salah hehe.
Akhirnya 17/12/16 saya jawab pilihan 'dari kiri, namun pastikan sudah berada dalam posisi yang aman'.

7. Pasal melanggar muatan?

8. Pasal melanggar jalur busway?

9. Pasal melanggar marka jalan?

10. Teknik pengereman sepeda motor yang baik dan efektif pada kecepatan tinggi adalah :
a. Pengereman teknik rem pomped (pompa) dengan cara pedal rem diinjak, dilepas dan diinjak lagi secara cepat, posisi badan condong kedepan
b. Penereman kombinasi, dengan rem depan dan belakang secara bersamaan dengan posisi kendaraan tegak lurus
c. Melakukan pengereman dengan teknik rem blokir dengan cara pedal rem diinjak penuh, posisi badan condong kebelakang
Jawaban: B. Referensi: http://solidaritaselangbesi.blogspot.co.id/2015/05/7-hal-tentang-pengereman-sepeda-motor.html

11. Teknik pengereman yang baik dan efektif pada jalan licin dan berair adalah
a. Melakukan pengereman dengan teknik rem pomped (pompa) dengan cara pedal rem diinjak, dilepas, dan diinjak lagi secara cepat
b. Melakukan pengereman dengan rem depan bersamaan dengan rem belakang (kombinasi)
c. Rem gereducerd (rem bakar), pedal rem diinjak (berasa sudah terblokir) segera angkat pedal rem sedikit kemudian tahan kemudian rem lagi
Jawaban A. Referensi: http://solidaritaselangbesi.blogspot.co.id/2015/05/7-hal-tentang-pengereman-sepeda-motor.html

12. STNK selalu terkait dengan :
a. Seorang dan kendaraan bermotor
b. Orang tertentu dan daerah tempat kendaraan itu menetap
c. Kendaraan bermotor, orang tertentu, dan daerah tempat kendaraan itu menetap.
Jawaban : C

13. Tanda kendaraan bermotor dianggap sah apabila :
a. Dibuat sendiri oleh pemilik kendaraan bermotor, asalkan sesuai dengan persyaratan undang undang
b. Dibuat sendiri sambil menunggu pelat nomor asli dari Polri
c. Diperoleh dari Polisi Lalu Lintas yang mengeluarkan STNK dan Pelat Nomor.
Jawaban: C

14. Teknik mengemudikan sepeda motor yang baik pada saat gerakan membelok adalah :
a. Menambah kecepatan pada jarak pendek sebelum mencapai  tikungan
b. Memiringkan sepeda motor kearah pusat tikungan dan tetap dalam posisi tegak
c. Memiringkan sepeda motor dan pengemudi kearah pusat tikungan yang sesuai dengan kecepatan dan ketajaman tikungan
Jawaban : C

15. Perbuatan pertama apa yang anda lakukan sebagai pengemudi, apabila terjadi tabrakan ?
a. Segera hentikan kendaraan, biarpun ditengah jalan. Yang penting adalah menunjukkan bekas-bekas rem kepada petugas polisi bahwa anda berada pada jalur yang benar sesuai peraturan.
b. Segera menghentikan kendaraan dan mendatangi pengemudi kendaraan lawan tabrakan, untuk meminta pertanggung-jawaban kerugian yang anda derita
c. Segera menghentikan kendaraan, dan melaporkan kejadian ecelakaan tersebut kepada pos polisi terdekat.
Jawaban : C

16. Mengemudi dengan kecepatan maksimum? Jawaban: Tidak diperbolehkan kapanpun.

17. Arti rambu berikut 
a. Semua kendaraan dilarang masuk
b. Semua kendaraan bermotor dilarang masuk
c. Semua kendaraan bermotor dilarang melintas dan parkir
Jawaban : B

18. Rambu dengan warna dasar kuning dengan lambang atau tulisan Berwarna hitam merupakan:
a. Rambu petunjuk
b. Rambu peringatan
c. Rambu perintah
Jawaban : B

19. Apabila anda mendengar suara sirine yang kemungkinan dari pemadam Pemadam kebakaran, Polisi atau konvoi kendaraan. Anda diharuskan :
a. Menambah kecepatan
b. menepi dan berhenti sampai konvoi lewat dan jalan aman
c. Menepi dan jalan terus, kalau memungkinkan mengikuti karaoke  kendaraan yang mengeluarkan bunyi/suara sirene
Jawaban : B

Itu doang sih yang saya inget. Terus lagi untuk soal yang saya anggap cukup sulit yakni mengenai prioritas di persimpangan, contohnya seperti ini:


Ada juga soal mengenai isyarat polisi lalu lintas seperti di bawah ini:



Referensi lain mengenai prioritas persimpangan bisa dibaca disini http://newsberi.blogspot.com/2015/10/25-soal-ujian-dan-kunci-jawaban-teori-sim-c-tentang-persimpangan.html

42 komentar:

  1. Thank you sharingnya, bermanfaat sebagai referensi pengalaman pembuatan sim c.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mba, semoga sukses ujian simnya :)

      Hapus
    2. yang digambar jawabannya apa bang ko ga ada jawabannya ?

      Hapus
    3. wah saya ga ada jawaban benernya mas. prinsip saya jika sudah di persimpangan mendahulukan yang sebelah kiri terlebih dahulu.

      Hapus
    4. Thanks ilmunya,sangat bermanfaat ilmunya buat orang yg sdg tersesat.khususnya buat saya pribadi.hhehe.....

      Hapus
    5. Tp apa kira2 soal uji teoriy msh sm aja kaya yg awal soaly saya udh mau 3x tp gk lulus2 jd pusing saya

      Hapus
    6. Ada kemungkinan dapet sama, tergantung saat pembagian soal apakah dibolehin ambil sendiri atau dibagiin sama petugasnya, kalo saya dulu kebetulan disuruh ambil sendiri, tes pertama dapet C1 tes ke 2 dapet C0 dan ke 3 dapet C0 juga.

      Hapus
  2. Kalau ujian praktek yg murni ujian nya agak sore beda ama yg kelas extra hehe,dan adaaa aja alasanya gk lulus padahal gak jatuh jg pas praktek.semoga bpk2 yg jd tim ujian praktek pada d kasih kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sayang sekali. waktu saya ujian praktek sedang hujan deras dan sudah batch terakhir untuk hari itu, untungnya dapet tim penilai yang baik.

      agan sudah dibriefing dulu apa belum sebelum tes praktek? soalnya dari yang saya lihat banyak peserta yang digagalkan karena dari 2 jalan lurus pertama tidak berhenti dan tidak menengok ke belakang. walaupun dari semuanya tidak mengangkat kaki dari bordes atau menginjakkan kaki ke aspal, mereka tetap digagalkan oleh petugas.

      Hapus
  3. Aduchhh... Super bgt sang penguji sim itu ya, kesalahan nya ada" aja... Alasannya kecepatan kurang, padahal itu gas udah gw gas keceng bgt, berhenti stiap bendera, nengok kebelakang sesuai instruksi. ... Mau di bawa kemana negara ini. ( tes udah 3X ) wkwkwwk

    BalasHapus
  4. Mau tanya bro...ane kan gagal di ujian praktek di sim mobil atau sim A itu klo balik lagi 2 minggu lagi apa sya harus dari awal lagi terus bayar2 lagi gitu. Thanks sebelum nya.

    BalasHapus
  5. Oke siap..thank u sharing nya.susah ya buat sim.klo jalur reguler..hiks.hiks.

    BalasHapus
  6. Itu kalo lewat calo, tahapannya di skip semua apa gmn ya bro? Kisarannya brp sih bro kalo pake calo? Masalahnya gw ga bisa banyak2 dapet cuti kalo musti gagal terus balik lagi.
    Ada kenalan calo ga bro? Hehehehehe biar ga bingung ntar disono

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya sih tetep ikut semua step tapi otomatis dilulusin ya haha. emang sabtu masuk kerja bro? saya kemarin ngincer sabtu karena buat ngindarin cuti juga sih, walau resikonya banyak antrian.

      Hapus
  7. Maaf mau tanya, saya lkut uni teori tgl 24 desember 2016..gagal..trus disuruh kembali thl 7 januari 2017... Tapi karena keaibukan dan izin cuti yang diberikan dikerjaan , saya baru bisa seminggu kedepan ini. Pertanyaannya apakah pendaftaran saya yg pertama masih berlaku atau harus ngulang dari awal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok mas, nanti tetap lanjut prosesnya. Tidak ada batas hangus, asalkan form pendaftaran yang diserahkan saat pengumuman kemarin masih ada.

      Hapus
  8. Ujian teori SIM C kyk tes mau masuk SIRKUS! GAGAL 2 Kali Zig Zag kecepatan 30km/h. Mending pengujinya bisa lewatin itu. Emgnya gk bahaya apa zig zag kecepatan segitu?! Kalo jarak patok tiangnya lebar kisaran 3M bisa deh, ini gk seberapa lebarnya < 2,5M.

    BalasHapus
  9. Udah gagal 1 kali suruh dtng lg entr tggl 6 september 2017...
    Udah wara wiri liat2 contekan soal'nya, mudah2 entr setidak'nya lbh baik hasil jawaban'nya dr minggu kemarin...semangat trs untuk jalur resmi .minta do'a iya

    BalasHapus
  10. Udah gagal 1 kali suruh dtng lg entr tggl 6 september 2017...
    Udah wara wiri liat2 contekan soal'nya, mudah2 entr setidak'nya lbh baik hasil jawaban'nya dr minggu kemarin...semangat trs untuk jalur resmi .minta do'a iya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry telat balas. gimana hasilnya mba? semoga sekarang sim sudah di tangan

      Hapus
  11. Hahahahaaa
    Ane penasaran pengen nyoba jalur resmi bikin SIM C tgl 7sept, pas uji teori sih lulus dgn nilai 28, & luar biasa bangganya bisa lulus, lanjut ke tahap uji praktek, & sengaja ane antre paling belakang biar di panggil belakangan dgn Tujuan bisa mempelajari peserta uji yg lain, eh malah nama ane di panggil pertama,dpt motor Revo rem belakangnya bunyi Curut n ga pakem, ane baca doa & berusaha rilex,nengok kebelakang buat konfirmasi udah, patok gada yg jatuh, kaki ga turun, setelah selesai tunggu buat penilaian nama ane di panggil & TARA ga lulus dgn alasan ketika lintasan zig-zag kecepatan ane kurang cuma 26km yg seharusnya 30km/jam
    Lemes langsung ane
    Ampe rumah ane mikir kecepatan ane cuma 26km/jam ?
    Dukun kali tuh petugas bisa Ampe akurat begitu,
    Yg ane tau pasti mah zig-zag awal 10km/jam lanjut dgn zig-zag 30km/jam & ane rasain lebih dr 30km/jam
    Ironis memang
    Maaf panjang ceritanya
    ngulang tgl 20 besok doakan ya
    Satpas Daan Mogot

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry telat balas. gimana hasilnya mas? emang begitu sih kalo menurut saya petugasnya kadang kurang objektif penilaiannya sesuai mood dia. masa waktu saya ujian praktek 1 batch 10 orang digagalin alasannya gak nengok belakang sama kecepatan kurang hahaha. padahal ada 1 yang ane lihat udah perfect banget prakteknya wkwk

      Hapus
  12. Thanks for sharing, btw Part 3 nya belum di post kah?
    Oh ya untuk motornya, apakah kita bisa milih mau matic atau manual?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya lupa mulu mba hehe. untuk ujian prakterknya disediakan 8 motor ada 4 matic dan 4 manual, jadi kita bisa pilih mana yang lebih kita kuasai. good luck tesnya ya!

      Hapus
    2. Klo mau pake motor sendiri,gimana ya bang,apa di bolehkan atau tidak.? Tolong di jwb ya bang,thanks.

      Hapus
  13. Terima kasih saya jadi banyak tahu setelah baca-baca ini

    BalasHapus
  14. Bang jwbnx ga msuk tuh... d sini tes soal pertama 7 setelah itu 30 soal bru pke waktu 15menit. Dan kmrin sya cmn benar 13 hahaha.. hari ini sya mau tes ulang lagi.tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Format soalnya udah ga sama kayak dulu atau gimana tuh? Di saya dulu ga ada yg 7. Sukses tesnya ya

      Hapus
  15. Selamat siang , ini semua kok cerita gagal semua , mana ada cerita yang lulus dengan baik , bagi dong pengalaman lulus baik sehingga peserta jian bisa optimis ikuti ujian dari pengalaman lulus dengan baik , Pak Polisi evaluasi kegagalan ini memang wajar atau kurang effective ujian trsebut terus administrasi apalagi yang harus ditulis sudah ada KTP asli dan copy kan tinggal kasih regristrasi nomor data ada di data KTP jadi nggak perlu cetakformulir waktu singkat tenaa berkuang dsb. tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang pak. Tipsnya sih harus banyak2 latihan soal pak. Saya sampe 3x tes tulis, 2 tes pertama gagal karena emang ga ada persiapan matang, belajarnya hanya setengah2 hehehe. Kalo untuk formulirnya mungkin ada kepentingan khusus pak, bisa jadi untuk audit atau arsip kepolisian. Disitu juga ada data diluar KTP yg harus diisi kok, seperti nama ayah ibu anak. Mungkin registrasi online bisa mempersingkat waktu, cuma saya sendiri kurang tau alurnya bagaimana karena belum sempat mencoba. Semoga sukses tesnya.

      Hapus
  16. Oh ya mau tanya bang,uji prakteknya klo pake motor sendiri di boleh kan atau tidak ya,?mohon jwb nya ya bang,thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga boleh mas, motor pribadi semuanya ditaruh di tempat parkir. Semua motor untuk tes sudah disediakan oleh Satpas Daan mogot. FYI, kemarin saya ada 8 motor 4 matic dan 4 manual bisa dipilih mana yang lebih dikuasai.

      Hapus
  17. Maaf nnya PK?sya tgl 20/07/18 kmren gagal tes teori kls 2,nilai sya cuman 20.misalkan nanti lolos ujian teori,tahap selanjutnya/tes praktek bisa di gagalin lagi gak tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak untuk tes prakteknya harus mengulang lagi kalau gagal

      Hapus
  18. Hahhaa...
    Bner tuh komen di atas, zigzag nya kurang 30 kecepatan nya... Njirr

    BalasHapus
  19. cuma 12 yg bener,, nyesel gk belajar,, tank bro buat belajar lagi;

    BalasHapus
  20. Gan itu yang rambu gambar mobil sma motor dicoret bener jawabannya b?? Tlong responnya ya makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bro itu jawabannya B.

      Referensi:
      http://janggatehnik.com/rambu-lalu-lintas/rambu-larangan/rambu-dilarang-masuk-semua-jenis-kendaraan-bermotor

      Hapus
  21. bulan puasa gini buka kan yaa??

    BalasHapus